Tips Memilih Jurusaan yang Tepat

Udah bulan Januari nih, siswa SMA sederajat pasti lagi galau nih mau ngelanjutin kuliah dimana dan apa jurusannya, right??
Pemilihan jurusan ini tidak dapat di sepelekan, sebagaimana yang kita ketahui jurusan dan tempat kuliah yang kita pilih dan masuki, merupakan salah satu jaminan dari masa depan kita. Tentu saja tidak hanya berbekal ijazah SMA/SMK saja. Oleh karena itu kita harus benar-benar mengetahui seluk beluk dari jurusan yang kita inginkan. Kurang nya informasi tentang jurusan dan pengetahuan mengenai kemampuan diri sendiri bisa saja menjadi penyesalan dikemudian hari.
Maka dari itu pemilihan tempat kuliah maupun jurusan yang tepat harus mulai dipertimbangkan sejak awal.
Berikut ini ada beberapa tips dalam memilih jurusan dan tempat kuliah yang tepat agar penyesalan tersebut tidak timbul dikemudian hari:
1. Kenali minat dan bakat yang dimiliki
Setiap orang itu memiliki bakat, kemampuan dan minat yang berbeda-beda. Jangan sampai jurusan yang kita pilih hanya mengikuti teman maupun sahabat. Jangan memilih jurusan kedokteran (yang notabene favorite) jika kita tidak menyukai pelajaran yang menghafal. Jangan memilih jurusan teknik kalau kita tidak menyukai hitungan. Intinya sesuaikan jurusan yang ingin kita ambil dengan minat dan bakat. Mengembangkan minat dan bakat yang sudah ada disertai dengan rasa suka dan ketertarikan yang kuat pada suatu jurusan studi akan menjadi pilihan yang tepat.
2. Tentukan lokasi dan biaya kuliah.
Lokasi kuliah sebaiknya diperhatikan, apalagi bagi teman-teman yang berada dari luar kota, kita harus pastikan terlebih dahulu apa tempat kos di sekitar kampus keadaannya memadai atau tidak, apa transportasinya gampang atau sulit. Bagi teman-teman yang dari luar kota pastikan dulu kalau kalian bisa berpisah dari orang tua, apalagi yang selama ini tidak pernah berpisah dari orang tua.
Biaya kuliah juga merupakan salah satu hal yang wajib diperhatikan, bagi teman-teman yang kemampuan ekonominya menengah ke atas mungkin tidak akan sulit dalam memilih jurusan maupun PT (perguruan tinggi). Sedangkan bagi teman-teman yang memiliki ekonomi menengah kebawah sebaiknya memperhatikan atau mencari beragam beasiswa, baik dari pemerintah maupun dari perguruan tinggi itu sendiri. Jangan sampai uang “menghalangi” masa depan kita.🙂
3. Kenali perguruan tinggi dan jurusan yang diinginkan.
Kenalilah visi dan misi dari perguruan tinggi terrsebut, fasilitas, potensi atau kualitas dari dosen-dosen yang mengajar di perguruan tinggi tersebut, dan jurusan-jurusan yang ada di perguruan tinggi tersebut. Carilah informasi-informasi mengenai perguruan tinggi tersebut sebanyak mungkin, baik itu dengan cara browsing, guru BK, senior-senior maupun acara bedah kampus dari tia-tiap perguruan tinggi.
Bagi teman-teman yang telah mengetahui minat dan bakatnya dan telah memastikan jurusan yang akan dipilih, perhatikan dulu daya tampung dan peminat dari jurusan-jurusan yang ingin kalian pilih. Ukur kemampuan untuk melihat sejauh mana peluang menempati suatu jurusan di tempat favorit. Pelajari soal-soal seleksi dan ikuti ujian try out sebagai percobaan anda dalam mengukur kemampuan yang anda miliki. Saat mengikuti try out jangan sampai kita hanya mengikuti dan menerima hasilnya, usahakanlah untuk membahas nya kembali bersama teman maupun guru. Namun jangan terlalu minder dengan hasil yang didapat. Jika pada SMBPTN ada 2 jurusan yang dapat dipilih, pilih satu jurusan & tempat yang anda cita-citakan dan satu jurusan lain atau lokasi lain yang sesuai atau sedikit di bawah kemampuan kita.
4. Masa Depan karir dan pekerjaan
Hal selanjutnya yang harus diperhatikan dalam memilih jurusan dan perguruan tinggi yaitu apakah setelah lulus nanti ada kepastian pekerjaan yang didapat. Pilihlah perguruan tinggi yang telah terbukti menghasilkan lulusan yang berkualitas bagus dan sesuai dengan tuntutan pekerjaan. Pilih juga jurusan yang lulusannya banyak di butuhkan oleh tempat-tempat kerja tertentu.
5. Plan B
Rencana cadangan. Ini sangat penting. Karena ketika ternyata kita tidak tembus di jurusan yang kita incar untuk proioritas pertama, kita sudah mempunyai ancang-ancang dan gambaran yang jelas mengenai apa yang harus anda pilih untuk pilihan kedua jika rencana awal anda gagal total. Gagal di jurusan A masih punya cadangan jurusan B.
 
Jika timbul masalah seperti perbedaan pendapat antara pilihan kita dan pilihan orang tua, tentu bagi kita mengikuti kata hati adalah pilihan yang paling baik. Tapi kalau saran saya, lebih baik membicarakannya dari hati ke hati bersama orang tua, bicarakan apa untung ruginya kalau kita memilih jurusan yang di inginkan oleh orang tua dan kita juga harus mengemukakan untung rugi dari pilihan kita tersebut. Setelah itu orang tua akan memilih juga, nah bagi orang tua tentu akan memilihkan yang terbaik untuk anaknya. Saya pun dulu penah berselisih paham dengan orang tua dalam memilih jurusan. Tapi akhirnya setelah saya memaksakan kehendak di tes-tes perguruan tinggi saya tidak beruntung, akhirnya saat tes terakhir saya memasukkan pilihan orang tua ke pilihan terakhir. Dan sekarang Alhamdulillah saya tengah menjalani jurusan yang dipilihkan orang tua.
 
Sekian saran-saran dari saya..
Good luck y n slamat berjuang..🙂
 
 
Referensi :
http://www.maujadiapa.com/tips-and-trick/47-tips-memilih-tempat-kuliah-dan-jurusan-yang-tepat.htmlhttp://forum.kompas.com/sekolah-pendidikan/109529-cara-memilih-jurusan-di-perguruan-tinggi-yang-baik.htmlhttp://situsaja.blogspot.com/2012/10/cara-memilih-jurusan-kuliah.html

Ramalan Zodiak 2013

waahh,, udah tahun 2013 nih, udah lama juga nggak update zodiak.

barusan dapat referensi zodiak 2013 nih.. slamat membaca y guys..😀

Capricorn (21 Desember – 19 Januari)

capricorn_1

Kehidupan Pribadi: Anda mungkin akan kewalahan dengan kehidupan pribadi dan kerja. Namun kabar baiknya adalah meskipun kehidupan keluarga tidak sekuat seperti yang seharusnya, kehidupan sosial Anda akan mulai membaik. Tanpa teman, Anda mungkin menilai diri sendiri terlalu keras. Tetapi kenyataannya adalah, Anda akan baik-baik saja dan mendapatkan rasa hormat dari orang lain. Semakin banyak orang akan memandang Anda sebagai inspirasi mereka!

Kehidupan Asmara: Anda dan pasangan akan saling memberikan rasa cinta dan dukungan lainnya. Ada hal yang akan membuat Anda frustasi, mungkin Anda akan memberikan yang terbaik untuk membangun kembali kebersamaan, tapi ada suatu peristiwa lainnya yang akan membuat Anda hancur.

Karir: Akan ada banyak hal yang terjadi di tempat kerja Anda, dan banyak petunjuk yang kuat untuk membuat Anda naik jabatan. Ini membutuhkan perjuangan dan komitmen. Anda mungkin tidak menyadari bahwa Anda sedang berjuang, sampai ada orang yang heran dengan Anda.

Keuangan: Ada banyak kesempatan untuk membuat Anda jadi kaya. Namun, membeli hadiah mewah untuk teman-teman sangat tidak dianjurkan. Anda juga butuh penghematan ekstra. Di awal November 2012, kekayaan Anda akan bertambah.

Aquarius (20 Januari – 18 Februari)

web_aquarius

Kehidupan Pribadi: Luangkanlah banyak waktu untuk diri sendiri di tahun ini.

Kehidupan Asmara: Di tahun 2013, Anda akan menghadapi berbagai cobaan dengan si dia, meskipun Anda sudah berusaha untuk mencegah kesalahpahaman dengan kekasih. Namun, Anda dan si dia bisa melakukan sesuatu yang dapat membangun hubungan percintaan menjadi lebih kuat. Jika pasangan Anda menyarankan melakukan sesuatu yang spontan, go for it!

Karir: Berhati-hatilah untuk memilih jalan karir. Dari segi bisnis, ada banyak orang yang akan mempercayai Anda untuk mengambil sebuah keputusan.

Keuangan: Secara finansial akan tersendat mulai awal tahun. Namun di akhir tahun keuangan Anda menjadi lebih baik.

Pisces (19 Februari – 20 Maret)

pisces

Kehidupan Pribadi: Tahun 2013, Anda mungkin akan bertanya pada diri sendiri lebih dari sekali, “Apakah saya akan pernah punya waktu untuk diri sendiri?”. Namun keluarga, teman, dan kenalan baru akan bergantung pada Anda.

Kehidupan Asmara: Komitmen Anda dan si dia akan berlanjut ke tahap yang lebih serius. Akan ada keajaiban yang terjadi.

Karir: Ada banyak hal yang terjadi mengenai karir Anda di tahun 2013. Jika Anda sedang mencari pekerjaan, tahun 2013 ini adalah waktu yang paling tepat. Pastikan Anda melakukan survei terlebih dahulu ingin mengambil jalur karir seperti apa.

Keuangan: Simpanlah uang Anda di awal tahun. Sebab akan ada pengeluaran yang tertuga nantinya.

Aries (21 Maret – 20 April)

aries

Kehidupan Pribadi: Di tahun 2013 ini akan menjadi tahun yang paling beruntung dalam hidup Anda. Ini membuat Anda menjadi lebih sibuk, namun tetap produktif. Setidaknya, Anda akan sibuk dengan sebuah proyek, tugas, atau inovasi baru yang akan memungkinkan Anda untuk memajukan aspirasi karir Anda.

Kehidupan Asmara: Jarang bertemu dengan kekasih dapat membuat hubungan Anda dan si dia menjadi lebih dekat.

Karir: Aries cenderung bekerja dengan baik dan tegas. Di tahun 2013, orang akan lebih mudah menerima pribadi Anda.

Keuangan: Finansial di tahun 2013 membaik dan dapat membuat Anda bernapas dengan lega. Penghasilan akan lebih besar dari pada pengeluaran Anda.

Taurus (21 April – 20 Mei)

taurus

Kehidupan Pribadi: Anda akan lebih bersemangat untuk menyambut tahun baru, meskipun Anda tidak memiliki harapan yang ingin dicapai pada awalnya. Jika Anda serius tentang membuat sesuatu dari diri sendiri, Anda perlu menyingkirkan semua jejak kesuraman dan menjaga energi positif.

Kehidupan Asmara: Segala macam perkelahian akan berakhir.

Karir: Banyak yang bermimpi untuk menjadi seniman yang sukses.

Keuangan: Taurus cenderung mengeluarkan uangnya untuk berbagai macam keperluan.

Gemini (21 Mei – 20 Juni)

gemini

Kehidupan Pribadi: Waktu istirahat akan berkurang karena ada banyak hal yang harus Anda kerjakan di tahun 2013. Moto Anda untuk tahun ini adalah “Go for it!”. Karena dengan bekerja keras, akan ada segala sesuatu yang terjadi.

Kehidupan Asmara: Hubungan percintaan berlanjut ke pernikahan. Hubungan asmara juga lebih romantis. Komitmen Anda dengan si dia cenderung lebih kuat dan berkembang.

Karir: Karir yang didambakan dapat tercapai di tahun 2013.

Keuangan: Akan ada hambatan keuangan di awal tahun.

Cancer (21 Juni- 20 Juli)

cancer

Kehidupan Pribadi: Pikiran Anda akan lebih fokus pada keluarga. Anda juga akan disibukkan dengan berbagai kegiatan yang melibatkan keluarga dan teman-teman terdekat.

Kehidupan Asmara: Konflik dengan pasangan akan memperkuat ikatan Anda dengan si dia.

Karir: Setelah disibukkan dengan berbagai macam kegiatan yang berkaitan dengan bisnis, di tahun 2013 Anda akan menemukan posisi yang tepat untuk mendapatkan pengetahuan dan ilmu yang lebih.

Keuangan: Keuangan Anda akan bernasib baik di akhir Juni 2013.

Leo (21 Juli-21 Agustus)

leo

Kehidupan Pribadi: Keluarga dan teman-teman akan memberikan Anda perspektif baru. Jadikanlah keluarga dan teman-teman terdekat sebagai cermin Anda. Semakin Anda melihat ke dalam jiwa dan kehidupan mereka, maka semakin Anda memahami siapa diri Anda.

Kehidupan Asmara: Anda adalah ibarat rollercoaster untuk hidupnya. Hubungan percintaan juga lebih romantis dari biasanya.

Karir: Mimpi akan menjadi kenyataan. Kemungkinan Anda akan memulai karir baru.

Keuangan: Cenderung stabil pada awal tahun.

Virgo (22 Agustus – 22 September)

Kehidupan Pribadi: Anda cerdas dan teliti, tapi terkadang ada detail tertentu yang membuat Anda kewalahan. Ketika ada sesuatu yang salah, orang-orang yang mencintai Anda akan memiliki empati terhadap Anda. Namun ketika hal-hal berjalan dengan baik, Anda dan orang-orang terdekat akan berbagi sukacita.

Kehidupan Asmara: Hubungan percintaan dengan kekasih masih berjalan dengan normal.

Karir: Akan ada proyek-proyek penting. Ini sangat menjanjikan pendapatan Anda menjadi lebih tinggi.

Keuangan: Ada kenaikan yang tinggi.

Libra (23 September – 22 Oktober)

libra

Kehidupan Pribadi: Hubungan sosial Libra kemungkinan akan berkembang dan menjadi sesuatu yang menguntungkan. Kata kunci di tahun 2013 ini adalah keseimbangan. Jadi pikirkan setiap petualangan yang baru sebelum terjun!

Kehidupan Asmara: Libra akan bertemu dengan seseorang yang memiliki kesamaan yang sama. Ada tanda hubungan cinta dan pernikahan. Libra juga akan melewati masa-masa romantis. Jika Anda sudah memiliki kekasih, kemungkinan besar hubungan Anda dan si dia akan langgeng dan bahagia.

Karir: Kekuatan sosial Anda dalam kehidupan pribadi akan meluas di tempat kerja. Kolega dan rekan kerja akan terkesan oleh stabilitas, pesona, dan Anda mungkin akan dipanggil untuk menjadi “panutan bagi perusahaan.”

Keuangan: Secara finansial, Anda akan melambung ke atas.

Scorpio (23 Oktober – 22 November)

scorpio

Kehidupan Pribadi: Ada beberapa kasus yang membuat Anda bingung dan dilema.

Kehidupan Asmara: Bagi sebagian orang, cinta datang pertama dan gairah datang kedua, tapi untuk Scorpio di tahun 2013 terlalu sering memikirkan gairah terlebih dahulu ketimbang cinta.

Karir: Di tahun 2013 ini pekerjaan dan keuangan menjadi pemikiran utama Anda. Lebih fokus pada pekerjaan dan tetap tenang meskipun banyak masalah yang bergejolak.

Keuangan: Menjaga keamanan finansial merupakan hal utama yang Anda butuhkan.

Sagitarius (23 November – 20 Desember)

sagitarius

Kehidupan Pribadi: Anda akan mendapatkan berbagai kejutan dari keluarga.

Kehidupan Asmara: Anda akan mengalami masalah dengan kekasih. Adanya pertentangan tentang masalah kecil dengan si dia, membuat hubungan sedikit kacau.

Karir: Di tahun 2013 Anda sibuk dengan bisnis dan Anda akan menghadapi beberapa tantangan yang menguntungkan. Di hulan Maret, ada beberapa hal yang bisa membawa Anda lebih dekat untuk menjalani karir baru yang menarik.

Keuangan: Pengeluaran di awal tahun 2013 semakin banyak. Anda akan mengalami kesulitan untuk berbelanja secara hemat.

walaupun update zodiak nih, aku punya saran nih, zodiak nya jangan terlalu dipercaya ya…

Ambil yang positifnya aja, yang negatifnya di usahain jangan sampai terjadi..

referensi : http://wolipop.detik.com/read/2012/12/28/160404/2128997/852/yuk-intip-ramalan-zodiak-anda-untuk-tahun-2013–bag-2-

Maroon 5 – One More Night

You & I go on hard at each other like we’re going to war.
You & I go rough, we keep throwing things & slamming the door.
You & I get so damn dysfunctional, we start keeping score.
You & I get sick, yeah, I know we can’t do this no more.

But baby there you go again, there you go again, making me love you.
Yeah I stopped using my head, using my head, let it all go.
I got you stuck on my body, on my body, like a tattoo.
And now I’m feeling stupid, feeling stupid, crawling back to you.

So I cross my heart & I hope to die
That I will only stay with you one more night
And I know I said it a million times
But I’ll only stay with you for one more night

Trying to tell you ”no” but my body keeps on telling you ”yes”.
Trying to tell you to stop, but your lipstick got me so out of breath.
I’d be waking up in the morning, probably hating myself.
And I’d be waking up, feeling satisfied but guilty as hell.

But baby there you go again, there you go again, making me love you.
Yeah I stopped using my head, using my head, let it all go.
I got you stuck on my body, on my body, like a tattoo.
And now I’m feeling stupid, feeling stupid, crawling back to you.

So I cross my heart & I hope to die
That I will only stay with you one more night
And I know I said it a million times
But I’ll only stay with you for one more night

Yeah baby give me one more night

But baby there you go again, there you go again, making me love you.
Yeah I stopped using my head, using my head, let it all go.
Got you stuck on my body, on my body, like a tattoo.
Yeah, yeah, yeah, yeah

So I cross my heart & I hope to die
That I will only stay with you one more night
And I know I said it a million times
But I’ll only stay with you for one more night
(Yeah baby give me one more night)

So I cross my heart & I hope to die (yeah, yeah)
That I will only stay with you one more night (yeah, yeah)
And I know I said it a million times (yeah, yeah)
But I’ll only stay with you for one more night (yeah, yeah)

Maroon 5 – Payphone

I’m at a payphone trying to call home
All of my change I spent on you
Where have the times gone, baby it’s all wrong
Where are the plans we made for two?

Yeah, I, I know it’s hard to remember,
The people we used to be…
It’s even harder to picture,
That you’re not here next to me.

You say it’s too late to make it,
But is it too late to try?
And in our time that you wasted
All of our bridges burned down

I’ve wasted my nights,
You turned out the lights
Now I’m paralyzed,
Still stuck in that time,
When we called it love,
But even the sun sets in paradise

I’m at a payphone trying to call home
All of my change I spent on you
Where have the times gone, baby it’s all wrong
Where are the plans we made for two?

If happy ever after did exist,
I would still be holding you like this
All those fairy tales are full of shit
One more fucking love song, I’ll be sick.

Oh, you turned your back on tomorrow
‘Cause you forgot yesterday.
I gave you my love to borrow,
But you just gave it away.

You can’t expect me to be fine,
I don’t expect you to care
I know I’ve said it before,
But all of our bridges burned down

I’ve wasted my nights,
You turned out the lights
Now I’m paralyzed,
Still stuck in that time,
When we called it love,
But even the sun sets in paradise

I’m at a payphone trying to call home
All of my change I spent on you
Where have the times gone, baby it’s all wrong
Where are the plans we made for two?

If happy ever after did exist,
I would still be holding you like this
All those fairy tales are full of shit
One more fucking love song, I’ll be sick.

Now I’m at a payphone

Man, fuck that shit
I’ll be out spending all this money
While you’re sitting round wondering
Why it wasn’t you who came up from nothing,
Made it from the bottom
Now when you see me I’m stunning,
And all of my cars start with a push of a button

Telling me the chances I blew up
Or whatever you call it,
Switch the number to my phone
So you never could call it,
Don’t need my name on my show,
You can tell it I’m ballin.

Swish, what a shame could have got picked
Had a really good game but you missed your last shot
So you talk about who you see at the top
Or what you could have saw but sad to say it’s over for.
Phantom pulled up valet open doors
Wiz like go away, got what you was looking for
Now it’s me who they want, so you can go and take
That little piece of shit with you.

I’m at a payphone trying to call home
All of my change I spent on you
Where have the times gone, baby it’s all wrong
Where are the plans we made for two?

If happy ever after did exist,
I would still be holding you like this
All those fairy tales are full of shit
One more fucking love song, I’ll be sick.

Now I’m at a payphone…

about me…

2012 ni bru lulus sma nih,,, wwaaahhhh,, bahagia banget deh udah bisa lulus SMA…😀

tpi kkok ada prasaan sedih juga y????😦

hhhmmm,,, biasalah y,, kata orang2 kan masa SMA itu masa2 terindah… stuju gak nih bro n sist??

naahh,, seperti “abg”2 yang baru lulus SMA nih,, biasanya kan berusaha dapetin PTN favorite tuh,,, sempt galau sih soal milih jurusan,, maklum lah keinginan oorang tua sama keinginan sendiri bentrok cuy… “GALAU” deh..

SNMPTN undangan dan Tulis ngikutin keinginan sendiri niiiihhh ceritanya. namanya emang gak jodoh y,, tetp aja gak lulus…😥

naaahhh,, jalan satu-satunya yang tinggal buat milih PTN favorite tinggal SIMAK UI nih…

yyuuuuupp,,, Seleksi Masuk Universitas Indonesia, nah kali ini mumpung bisa milih banyak jurusan, jdinya ngegabungin pilhan orang tua (kesehatan) sama keinginan sendiri(teknik) deh,, sempat down n gk pd sih,, karena tes-tes sebelumnya gagal terus, ternyata gw lulus di UI bro, sist…

yaaaaa,, walaupun cuma dapat program diploma tpi lumayanlah ya,,, dri pada nggak *hehehe, n masalah jurusan nih yang terpilih adalaaaaaahh *jeng jeng (hehehe) FISIOTERAPI… yup pilihan orang tua gw.. jadilah sekrg gw sebagai salah satu maba di UI KAMPUS PERJUANGAN….

JADIIIIII,,,, kesimpulannya pilihan orang tua itu InsyaAllah pilihan yang paling tepat,, selagi itu gak menyimpang dri agama…

sekian dlu bro sist, mau bikin tugas yang udah mulai menumpuk lgi nih…

tetap kunjungi blog ini ya,,, bakal ada posting2 ok lainnya…

Image

Add your thoughts here… (optional)

iierizka

a. Pengertian Ms. Excel beserta Fungsinya
Ms. Excel adalah suatu program pengolah angka yang berfungsi dalam dalam mengelola dokumen, menampilkan data, operasional fungsi, operasional chart, menampilkan grafik, dll.
b. Menubar
Menubar adalah menu pilihan berupa teks. Menubar pada Ms. Excel antara lain sebagai berikut :
1. Menu File merupakan menu yang berkaitan dengan operasional dokumen atau file
2. Menu Edit adalah menu yang berfungsi untuk pengeditan dokumen dan perbaikan
3. Menu View merupakan menu yang berkaitan dengan penampilan dokumen dan penampilan monitor lembar kerja atau workbook
4. Menu Insert adalah menu yang berfungsi untuk teknik penyisipan
5. Menu Format adalah menu yang digunakan untuk pemformatan kolom atau baris
6. Menu Tools merupakan menu untuk melakukan perbaikan, pengecekan ejaan, mengunci dokumen dan sebagainya
7. Menu Data adalah menu yang memiliki fungsi pokok memanipulasi dan perubahan data yang telah dibuat seperti, mengurutkan, menyortir, dan mengimport data dari tempat lain
8. Menu Window…

Lihat pos aslinya 288 kata lagi

KEISTIMEWAAN ANGKA 7

Tidak dapat dipungkiri, angka tujuh adalah salah satu angka istimewa, angka ini memiliki keistimewaan dalam berbagai rutinitas ibadah, alam semesta, dan juga sejarah.
Ada rahasia apa dibalik angka ini?
Sebagaimana kita lihat, banyak sekali indikasi angka 7 di alam semesta dan kehidupan disekitar kita. Kita juga melihat tatanan yang sempurna dengan basis angka 7 dalam al-qur’an, ini menunjukan keesaan Allah dan al-qur’an adalah kitabullah. Ketika mencipta alam, Allah menjadikan langit berjumlah tujuh lapis, demikian juga bumi, Allah berfirman “Allah-lah yang menciptakan tujuh langit dan demikian juga bumi, perintah Allah berlaku padanya agar kamu mengetahui bahwa Allah MahaKuasa atas segala sesuatu dan Allah telah meliputi segala sesuatu dengan ilmu-Nya.” (q.s. Ath-Thalaq: 12).
Bahkan atom, sebagai unit fundamental struktur alam semesta, juga tersusun dari tujuh lapisan elektron. Tidak mungkin lebih. Jumlah hari dalam seminggu ada tujuh, jumlah not musik juga tujuh, dan para ahli geologi menemukan bahwa bola bumi tersusun dari tujuh tingkatan.
Ketika menerangkan perihal kezhaliman dan mengambil tanah orang lain tanpa alasan, Rasulullah menjadikan angka tujuh sebagai simbol azab pada hari kiamat dan bersabda “Orang yang menzhalimi orang lain walau hanya beberapa jengkal tanah, akan dikalungkan kepadanya azab dari tujuh bumi”.(H.R. Bukhari dan Muslim).
Nabi menerangkan bahwa Allah memerintahkan untuk bersujud dengan tujuh organ tubuh. Beliau bersabda, “Aku diperintahkan untuk bersujud dengan tujuh tulang”.(HR Bukhari dan mUslim).

ANGKA TUJUH DALAM AL-QUR’AN
Penyebutan angka 7 diulang-ulang dalam kisah al-qur’an. Nabi nuh menyeru kaumnya untuk memikirkan tujuh lapis langit. Beliau berkata kepada mereka “Tidakkah kamu memperhatikan bagaimana Allah menciptakan tujuh langit berlapis-lapis.”(QS. NUh:5).
Angka tujuh juga disebutkan dalam kisah azab bagi kaum nabi Hud yaitu kaum Ad, Allah berfirman “Kaum Ad telah dibinasakan dengan angin topan yang sangat dingin. Allah menimpakan angin itu kepada mereka selama tujuh malam delapan hari terus-menerus.”
Begitu membuka Al-qur’an kita segera mendapati angka 7. Allah menjadikan Al-fatihah sebagai pembuka Al-qur’an dan menetapkan ayat-ayatnya berjumlah tujuh. Allah berfirman “Kami telah memberikan kepadamu tujuh ayat yang dibaca berulang-ulang (As-sab’al-matsani).
Angka 7 pertama kali disebutkan dalam Al-Qur’an di surah Al-Baqarah dalam firman Allah, “Dia-lah Allah, yang menjadikan segala yang ada di bumi untuk kamu, dan Dia berkehendak menciptakan langit, dan dijadikannya tujuh langit, dan Dia Maha Mengetahui segala sesuatu”.
Angka 7 disebut terakhir dalam surah An-Naba’ayat 12 dalam firmanNya, “Dan Kami bangun di atas kamu tujuh langit yang kokoh.”
sekarang mari kita cermati fakta-fakta kelipatan 7 diseputar kedua ayat ini. Fakta pertama, jumlah surah Al-Baqarah, tempat penyebutan angka 7 pertama kali, hingga An-Naba’, tempat penyebutan terakhir kali, sebanyak 77. Kelipatan 7 {11 x 7}. Jumlah ayat dari ayat yang pertama kali menyebut angka 7 hingga ayat terakhir yang menyebut angka 7, atau dari ayat 29 Al-Baqarah hingga ayat 12 An-Naba’, adalah 5.649 ayat. Ini juga kelipatan 7 {807 x 7}.
Fakta kedua, dari awal Al-Baqarah sampai akhir An-Naba’ terdapat 5.705 ayat. Bilangan ini juga kelipatan 7, jumlah ayat diantara keduanya juga kelipatan 7, dan tema pembicaraan keduanya adalah angka 7.
Ayat pertama yang menyebut nama Allah adalah ayat pertama Al-Qur’an, yaitu Bismillahirrahmanirrahim {Q.S. Al-Fatihah: 1}, dan ayat terakhir yang menyebut lafal Allah adalah Allahusshamad {Q.S. Al-Ikhlas: 2}. Dari al-fatihah hingga Al-Ikhlas ada 112 surah, bilangan ini adalah kelipatan 7 {16 x 7}.
Dari ayat 1 Al-Fatihah hingga ayat 2 Al-Ikhlas ada 6.223 ayat. Bilangan ini juga kelipatan 7, sebanyak dua kali untuk menegaskan kebenaran sistem yang sangat teratur ini {127 x 7 x 7}. Jumlah huruf kedua ayat tersebut 29 buah, juga kelipatan 7.
Logika ilmiah menetapkan bahwa kebetulan tidak akan terulang secara kontinu dalam satu buku kecuali jika penyusun buku itu telah menyusunnya dengan cara tertentu. Keselarasan yang dilihat dengan angka 7 ini mengidentifikasikan secara pasti bahwa Allah telah menyusun kitabNya dengan format yang sesuai dengan angka 7. Dan masih ada lagi beberapa ayat di Al-Qur’an yang menyebutkan angka 7.
Angka 7 sangat akrab dengan kehidupan dan ibadah kita, sehingga menempatkan angka ini di puncak semua angka setelah angka 1, yang menyimbolkan keesaan Allah.

Dari buku: Misteri Angka 7 dalam Mukjizat Matematika Al-Qur’an. {‘Abd Ad-Da

ADA YG LAIN JG LOWH…..

NE RANGKUMANNYA :

1. Allah memilih angka tujuh dalam penciptaan lapisan langit dan bumi yang berjumlah tujuh lapis.
2. Atom yang dianggap sebagai dasar pembentuk alam tersusun dari tujuh tingkatan elektron dan tidak mungkin lebih dari itu.
3. Jumlah hari dalam satu pekan yang berjumlah tujuh.
4. Jumlah warna pelangi sebanyak tujuh.
5. Rasulullah banyak menyebutkan angka tujuh dalam beberapa haditsnya.
6. Kita diperintah sujud dengan tujuh tulang.
7. Seorang mukmin bertawaf di sekeliling Baitullah sebanyak tujuh putaran, melakukan sa’I antara shafa dan marwa sebanyak tujuh kali juga, serta melempar jumrah dengan tujuh kali.
8. Kata kiamat dalam Al-qur’an disebutkan sebanyak 70 kali. Kata jahannam disebutkan dalam Al-Qur’an sebanyak 77 kali
9. Jumlah dari pintu neraka ada 7 pintu, subhanallah, kalimat jahannam dalam AlQuran jumlahnya ada 77 x, dan jumlah 77 ini adalah perkalian dari 7, yakni 7×11=77.
10. Dalam Al-Qur’an terdapat tujuh surah yang diawali dengan kalimat tasbih.
11. Angka tujuh digunakan Allah dalam perumpamaan dalam sedekah.
12. Terdapat tujuh ayat dalam Al-Qur’an yang menjelaskan tentang penciptaan langit. (QS. Al-A’raf: 54; QS Yunus: 3; QS Hud: 7; Al-Furqan: 59; As-Sajadah: 4; QS Qaf: 38; dan QS Al HAdid: 4)
13. Angka 7 adalah angka yang pertama sekali disebutkan didalam AlQuran, yaitu didalam Q.S AlBaqarah 29= Tsummastawaa ilassamaai fasawwa hunna SAB’A samawaatin, wahuwa bikulla syain ‘aliim.
14. Angka 7 adalah angka yang paling banyak diulang dalam AlQuran setelah angka 1 (ahad) tentunya., ini menunjukkan betapa pentingnya angka ini.
15. Awal surah dalam AlQuran adalah surah Al Fatihah, dia adalah semulia-mulia surah dalam AlQuran, itu sebabnya surah Al Fatihah dinamakan dengan sab’ul matsaani(silahkan dilihat kembali penafsiran surah ini), sementara jumlah ayatnya ada 7 ayat.
16. Jumlah bilangan huruf abjad dalam bahasa Arab yang diturunkan oleh Allah ta’ala dalam AlQuran ada 28 huruf. Jumlah 28 ini adalah perkalian dari angka 7, yakni 7×4=28.
17.Ketika Nabi saw menerangkan hal-hal yang merusak, beliau membatasinya pada 7 hal.
Beliau bersabda
“Jauhilah 7 hal yang merusak.” (HR. Al-Bukhari dan Muslim)
18.Ketika menerangkan orang-orang yang akan dinaungi Allah SWT pada hari Kiamat, beliau membatasinya pada 7 golongan.
“Tujuh golongan yang akan dinaungi Allah SWT dengan bayangan-Nya pada saat tiada naungan kecuali dari bayangannya.” (HR. Al-Bukhari dan Muslim)
19.Ketika menerangkan kezaliman dan mengambil tanah orang lain tanpa alasan, beliau menjadikan angka 7 sebagai simbol azab pada hari Kiamat.
Beliau bersabda,
“Orang yang menzalimi orang lain walau hanya beberapa jengkal tanah, akan dikalungkan azab dari 7 bumi.” (HR. Al-Bukhari dan Muslim)
20.Nabi saw menerangkan bahwa Allah SWT memerintahkan kita bersujud dengan 7 organ tubuh.
“Aku diperintah untuk bersujud dengan 7 tulang.” (HR. Al-Bukhari dan Muslim)
21.Jika bejana dijilat anjing, maka disucikan dengan mencucinya 7 kali, salah satunya dengan debu.
22.Rosul juga berbicara tentang Jahanam pada hari Kiamat
“Pada hari itu Jahanam didatangkan dengan 70 ribu kendali.” (HR. Muslim)
Beliau memohon perlindungan dari azab Jahanam sebanyak 7 kali dengan doa,
“Ya Allah SWT, selamatkanlah aku dari neraka.” (HR. An-Nasa’i).
23.Tentang sebab-sebab kesembuhan, Nabi saw memerintahkan kita untuk membaca doa berikut 7 kali,
“Aku berlindung kepada Allah SWT dan kekuasaan-Nya dari keburukan apa yang kudapatkan dan kutakutkan.” (HR. Muslim).
24.Bahkan, ketika hadits Nabi saw berkaitan dengan makanan, kita juga mendapatkan kehadiran angka 7.
“Barangsiapa makan 7 korma di pagi hari setiap hari, maka pada hari itu, dia tidak akan terkena racun dan sihir.” (HR. Al-Bukhari dan Muslim).
25. Hadits Nabi saw tentang puasa di jalan Allah SWT menjelaskan pahala yang besar yang disiapkan Allah SWT bagi pelakunya.
“Tidaklah seorang hamba berpuasa sehari di jalan Allah SWT, kecuali Allah SWT menjauhkannya berkat puasa sehari itu dari neraka sejauh 70 musim gugur.” (HR. Al-Bukhari dan Muslim).
26. Ketika seorang sahabat meminta beliau menjelaskan rentang waktu untuk mengkatamkan Al-Qur’an.
“Katamkan Al-Qur’an setiap 7 hari dan jangan lebih cepat dari itu.” (HR. Al-Bukhari dan Muslim)
27. Nabi saw membaca istigfar 70 kali sehari. Beliau menerangkan kelipatan pahala dalam sabdanya,
“Setiap perbuatan manusia menggandakan kebaikan dengan 10 kali lipat, sampai 700 kelipatan.” (HR. Muslim).
28. Ketika mengajarkan cara berlindung kepada Allah SWT untuk menghilangkan kegelisahan, Nabi saw memerintahkan kita untuk mengulang-ulang pembacaan ayat berikut sebanyak 7 kali,
“Cukuplah Allah bagiku. Tidak ada Tuhan selain Ia. Kepada-Nya aku berserah diri. Dia adalah Tuhan Arasy yang agung.” (QS. At-Taubah [9]: 129)

ADA DIKIT LAGI NEH ;

Kita sering membatasi hal-hal yg menarik ataupun yg membahayakan dengan 7 hal saja. contohnya ; 7 keajaiban di dunia, 7 tempat yg menakutkan, dll.

DAN YANG TERPENTING ADALAAAAAAAAAAAAAAAAHHHHHHHH : SAYA sebagai penulis blog ini LAHIR pada tanggal 7…

😀

sumber : dari berbagai penelusuran google.