SEJARAH ZODIAK

Penjelmaan Venus & putranya, Cupid, saat monster Typhoon menyerang Olympus dan memotong urat-urat Jupiter.

Mereka berdua menjelma menjadi sepasang ikan dan untuk menjaga agar mereka tidak sampai terpisah mereka mengikat ekor mereka berdua menjadi satu saat berenang di lautan bintang di Via Galactea alias Galaksi Bima Sakti.

Sejarah Terbentuknya Rasi Bintang Aquarius

Penjelmaan Catamite alias Ganymede, putra King Tros dari Troy dari Callirhoe.
Konon Catamite memiliki perawakan dan wajah yang sangat rupawan sehingga Jupiter jatuh hati padanya sehingga mengutus rajawalinya, Aquila untuk menculik Catamite dan membawanya ke Olympus saat menggembalakan ternak ayahnya di lereng Gunung Ida untuk dijadikan pembawa cawan pribadi dan kekasih Jupiter.

Sebagai gantinya Jupiter menganugerahkan kuda-kuda perkasa dan pohon batu mulia kepada King Tros
Ketika Juno memperlihatkan rasa cemburu dan ketidaksukaannya kepada Catamite, Jupiter justru menjadikannya rasi bintang Aquarius. Jupiter juga menjadikan Aquila rasi bintang dan menempatkannya di dekat rasi bintang Aquarius untuk menjaga Catamite dan untuk mengenang peristiwa penculikannya.
Konon bangsa Mesir kunolah yang menamai rasi bintang ini demikian sebab kemunculannya di langit menandai tibanya saat Sungai Nile meluap membanjiri pesisirnya dan membawa lumpur hitam yang menyuburkan tanah Mesir.

Sejarah Terbentuknya Rasi Bintang Capricornus

Saturn merajai alam setelah menumbangkan kekuasaan ayahnya sendiri, Caelus. Dia mengawini salah seorang saudarinya sendiri, Cybele. Dari perkawinan ini lahirlah lima orang anak, yaitu Vesta, Juno, Ceres, Neptune, dan Pluto. Namun teringat akan kutukan ayahnya, Saturn menelan semua anaknya begitu mereka dilahirkan untuk menghindari bencana bagi dirinya.

Pada saat kehamilannya yang keenam Cybele yang berduka oleh ulah Saturn terhadap anak-anak mereka sendiri kemudian pergi ke lereng Gunung Dicte di Crete untuk melahirkan bayinya agar selamat dari incaran suaminya. Sekembalinya ke istana Saturn, Cybele berpura-pura mengerang sakit hendak melahirkan. Setelah persalinannya selesai dia menyerahkan bungkusan bayinya kepada Saturn untuk ditelan. Tanpa memeriksa lagi Saturn menelan bungkusan yang diberikan oleh istrinya yang ternyata berisi sebongkah batu.

Putra keenam Saturn dan Cybele yang selamat dari kebuasan ayahnya diasuh oleh para peri di hutan lereng Gunung Dicte, terutama Melia dan Adrastea. Mereka menamai bayi itu Jupiter. Para makhluk menyayangi dewa kecil itu seolah mereka tahu bahwa kelak Jupiterlah yang akan membebaskan mereka dari cengkeraman sang tiran Saturn. Seekor kambing betina, Amalthea, setiap hari memberikan air susunya kepada Jupiter dengan kasih sayang seorang ibu, kelak setelah Jupiter berkuasa Amalthea ditempatkan di angkasa di antara para bintang menjadi rasi bintang Capricorn.

Ada juga versi yang menceritakan bahwa rasi bintang Capricorn adalah penjelmaan dari Aegipan, putra Jupiter dari Aix, seekor kambing betina, yang berwujud kambing.

Ketika monster Typhoon menyerang Olympus dan memotong urat-urat Jupiter, para dewa-dewi melarikan diri dan menjelma menjadi hewan-hewan untuk menyelamatkan diri. Aegipan sendiri meski sudah berwujud sebagai hewan menjelma menjadi ikan, oleh karena itu rasi bintang Capricorn kerap kali dilukiskan sebagai kambing berekor ikan.

Kemudian Mercury bersama Aegipanlah yang berhasil mencuri urat-urat Jupiter dari Typhoon dan mengembalikannya kepada ayah mereka yang kemudian mengalahkan Typhoon. Sebagai tanda terima kasihnya Jupiter mengabadikan putranya sebagai rasi bintang Capricorn.

Sejarah Terbentuknya Rasi Bintang Sagitarius

Cheiron adalah a centaur, makhluk yang bertubuh bagian atas berupa manusia, namun bertubuh bagian bawah berupa kuda, putra Saturn dari Phylira, seorang Oceanid.

Berbeda dari para centaur yang pada umumnya bersifat liar dan buas, Cheiron memiliki kebijaksanaan dan kemampuan yang tinggi dalam berbagai bidang sehingga banyak pahlawan yang memperoleh keahlian mereka karena didikan Cheiron, di antaranya adalah: Jason, Hercules, dan Achilles.

Suatu hari Hercules mengunjungi Cheiron di guanya. Karena suatu kesalahpahaman akhirnya terjadilah pertempuran antara Hercules melawan para centaur. Meskipun Cheiron sendiri tidak terlibat dalam pertempuran itu namun salah satu anak panah beracun Hercules menembus tubuhnya serta menimbulkan luka yang tak tersembuhkan.

Celakanya Cheiron sendiri tidak dapat mati karena berayahkan titan sehingga penderitaannya tidak pernah akan berakhir. Akhirnya dia memohon kepada Jupiter agar mencabut keabadiannya. Jupiter tidak mencabut keabadiannya melainkan menjadikannya rasi bintang Sagittarius.

Sejarah Terbentuknya Rasi Bintang Scorpio

Orion adalah seorang pemburu dari bangsa Boeotia yang tampan dan perkasa. Ketika menjalin cinta dengan Aurora, dewi fajar, Orion pernah sesumbar akan memusnahkan semua hewan buas di muka bumi dan mempersembahkannya bagi Aurora.

Apollo yang mendengar hal itu kemudian mengirim seekor kalajengking raksasa untuk membunuh Orion. Aurora memohon bantuan Diana, dewi perburuan, agar menyelamatkan Orion.

Diana yang menyayangi Orion sebagai sesama pemburu bersedia menyelamatkan Orion. Pada saat Orion sedang dikejar-kejar oleh kalajengking raksasa itu, Diana menanti di atas awan, bersiap-siap membidikkan panahnya untuk membunuh kalajengking tersebut. Tiba-tiba Apollo muncul dan mengaburkan pandangan Diana sehingga anak panahnya meleset, justru mengenai Orion yang tewas seketika.

Diana menjadi berduka karena tak dapat menepati janjinya pada Aurora kemudian menempatkan Orion di angkasa sebagai rasi bintang Orion, sedangkan kalajengking rakasasa tersebut oleh Apollo juga ditempatkan di angkasa sebagai rasi bintang Scorpio dalam posisi sedang memburu Orion.

Sejarah Terbentuknya Rasi Bintang Virgo & Libra

Jelmaan Astrea, dewi kesucian, putri Jupiter dari Justitia, dewi keadilan.

Konon ketika dunia belum mengenal dosa hubungan manusia dengan dewata sangatlah harmonis. Mereka hidup di antara manusia di bumi. Sayang sekali hubungan ini kemudian rusak oleh dosa sehingga dewata tidak lagi berkenan tinggal di antara manusia. Merekapun meninggalkan bumi untuk tinggal di langit.

Astrea adalah dewi terakhir yang meninggalkan bumi untuk tinggal di langit di antara bintang-bintang, menjadi rasi bintang Virgo, sang Perawan, karena Astrea bersumpah untuk tetap tinggal perawan sebagaimana keinginan ibunya sebelum dipersunting Jupiter.

Ada juga yg mengatakan bahwa rasi bintang Virgo adalah jelmaan dari Justitia sendiri dan bukan Astrea, karena itu dalam urutan berikutnya adalah rasi bintang Libra yang merupakan penjelmaan timbangan yang dibawa oleh Justitia sebagai dewi keadilan.

Sejarah Terbentuknya Rasi Bintang Leo

Jelmaan dari Nemean Lion yang dibunuh Hercules.
Juno dalam kebenciannya terhadap Hercules membuatnya gila sehingga membunuh ketiga putranya dari Princess Megara of Thebes.

ntuk menebus kesalahannya Hercules harus mengabdi kepada King Eurystheus of Mycaena serta menunaikan dua belas tugas berat. Tugas pertama yang harus ditunaikan adalah membunuh Nemean Lion yang telah membuat penduduk Nemea selama bertahun-tahun hidup tercekam ketakutan.

emean Lion memiliki kulit yang kebal senjata sehingga Hercules mengalami kesulitan menghadapinya, namun akhirnya ketika sang singa lelah Hercules berhasil mencekik lehernya sampai mati. Setelah itu dengan menggunakan cakar sang singa sendiri Hercules menguliti sang singa dan mengenakan kulitnya sebagai busana pelindung yang membuat Hercules sulit dilukai senjata apapun.

Sejarah Terbentuknya Rasi Bintang Cancer

Kepiting raksasa yang dikirim oleh Juno untuk membantu Hydra membunuh Hercules yang sedang melaksanakan tugas keduanya dari King Eurystheus of Mycaena, yaitu memusnahkan Hydra, monster beracun berkepala sembilan dari rawa-rawa Lerna.

etika Hercules sedang bersusah payah memerangi Hydra tiba-tiba dirasakannya ada sesutu benda tajam mencapit kakinya, ternyata seekor kepiting raksasa. Dengan gusar dihancurkannya tubuh kepiting tersebut.

uno merasa kecewa karena tujuannya membunuh Hercules tak terlaksana namun menghargai pengabdian kepiting tersebut kepadanya sehingga kemudian mengangkat tubuhnya ke angkasa dan menjadikannya rasi bintang Cancer.

Sejarah Terbentuknya Rasi Bintang Gemini

Jupiter yang terpikat oleh kejelitaan Queen Leda of Sparta mendatanginya dalam wujud angsa putih, padahal Queen Leda of Sparta sudah bersuamikan King Tyndareus.

ari hasil hubungan mereka, Queen Leda of Sparta melahirkan dua butir telur. Dari dua butir telur tersebut menetaslah empat bayi: Clytaemnestra, Castor, Pollux, dan Helen.

lytaemnestra dan Castor adalah putri dan putra dari King Tyndareus, karena itu mereka dapat binasa, sedangkan Pollux dan Helen adalah benih dari Jupiter karena itu mereka bersifat abadi.

etelah dewasa Castor & Pollux menjadi dua saudara yang saling menyayangi dan tak terpisahkan. Mereka juga pendekar-pendekar yang gagah berani, mereka ikut dalam expedition mencari bulu domba emas di Colchis bersama para Argonauts dan membuktikan merekalah yang terbaik dalam adu tinju.

ing Leucippus menjanjikan kedua putrinya untuk menjadi istri-istri mereka namun kemudian malah menikahkan mereka kepada putra-putra King Messenia: Idas & Lynceus.
Akibatnya terjadi pertempuran di antara mereka.

alam pertempuran itu Castor tewas oleh Idas yang kemudian dibinasakan oleh petir Jupiter, sementara Pollux menewaskan Lynceus.

ollux begitu berduka ditinggal oleh Castor sehingga memohon kepada Jupiter mencabut keabadiannya agar dapat menyusul Castor ke Hades. Jupiter yang terharu menyaksikan cinta Pollux pada saudaranya kemudian mengangkat mereka berdua menjadi rasi bintang Gemini di angkasa.

Sejarah Terbentuknya Rasi Bintang Taurus

Banteng jelmaan Jupiter saat menculik Princess Europa, putri King Agenor of Sidon dan Queen Telephassa.
Princess Europa, beberapa hari sebelum diculik, bermimpi ada dua orang wanita, Timur dan Barat, bertengkar memperebutkan dirinya, yang diakhiri dengan kemenangan Barat. Itu berarti dia harus meninggalkan tanah kelahirannya untuk pergi ke barat. Dia tidak bersedia.

Akhirnya Jupiter sendiri menjelma menjadi banteng jinak di antara ternak peliharaan yah Princess Europa.
Princess Europa terpikat oleh kejinakan banteng tersebut dan duduk di atas punggungnya. Tak disangka banteng tersebut kemudian melarikan Princess Europa menyeberangi lautan sampe ke Crete dan sejak saat itu daerah barat di sekitarnya menyandang namanya.
Sesampainya di Crete Jupiter menampakkan wujud aslinya sebelum menikahi Princess Europa dalam wujud rajawali emas.

Tiga putra dilahirkan dari perkawinan mereka: Minos, Rhadamanthys, dan Sarpedon.

One thought on “SEJARAH ZODIAK

  1. Yach……………….. kok zodiac aku gak ada sich !!!!!!!!!!!!!! aku jd sedih six……six……..six ……………. tolong tambahin zodiac aku yach !!!!!!!!!!!!!! place😀

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s