Tips Memilih Jurusaan yang Tepat

Udah bulan Januari nih, siswa SMA sederajat pasti lagi galau nih mau ngelanjutin kuliah dimana dan apa jurusannya, right??
Pemilihan jurusan ini tidak dapat di sepelekan, sebagaimana yang kita ketahui jurusan dan tempat kuliah yang kita pilih dan masuki, merupakan salah satu jaminan dari masa depan kita. Tentu saja tidak hanya berbekal ijazah SMA/SMK saja. Oleh karena itu kita harus benar-benar mengetahui seluk beluk dari jurusan yang kita inginkan. Kurang nya informasi tentang jurusan dan pengetahuan mengenai kemampuan diri sendiri bisa saja menjadi penyesalan dikemudian hari.
Maka dari itu pemilihan tempat kuliah maupun jurusan yang tepat harus mulai dipertimbangkan sejak awal.
Berikut ini ada beberapa tips dalam memilih jurusan dan tempat kuliah yang tepat agar penyesalan tersebut tidak timbul dikemudian hari:
1. Kenali minat dan bakat yang dimiliki
Setiap orang itu memiliki bakat, kemampuan dan minat yang berbeda-beda. Jangan sampai jurusan yang kita pilih hanya mengikuti teman maupun sahabat. Jangan memilih jurusan kedokteran (yang notabene favorite) jika kita tidak menyukai pelajaran yang menghafal. Jangan memilih jurusan teknik kalau kita tidak menyukai hitungan. Intinya sesuaikan jurusan yang ingin kita ambil dengan minat dan bakat. Mengembangkan minat dan bakat yang sudah ada disertai dengan rasa suka dan ketertarikan yang kuat pada suatu jurusan studi akan menjadi pilihan yang tepat.
2. Tentukan lokasi dan biaya kuliah.
Lokasi kuliah sebaiknya diperhatikan, apalagi bagi teman-teman yang berada dari luar kota, kita harus pastikan terlebih dahulu apa tempat kos di sekitar kampus keadaannya memadai atau tidak, apa transportasinya gampang atau sulit. Bagi teman-teman yang dari luar kota pastikan dulu kalau kalian bisa berpisah dari orang tua, apalagi yang selama ini tidak pernah berpisah dari orang tua.
Biaya kuliah juga merupakan salah satu hal yang wajib diperhatikan, bagi teman-teman yang kemampuan ekonominya menengah ke atas mungkin tidak akan sulit dalam memilih jurusan maupun PT (perguruan tinggi). Sedangkan bagi teman-teman yang memiliki ekonomi menengah kebawah sebaiknya memperhatikan atau mencari beragam beasiswa, baik dari pemerintah maupun dari perguruan tinggi itu sendiri. Jangan sampai uang “menghalangi” masa depan kita.🙂
3. Kenali perguruan tinggi dan jurusan yang diinginkan.
Kenalilah visi dan misi dari perguruan tinggi terrsebut, fasilitas, potensi atau kualitas dari dosen-dosen yang mengajar di perguruan tinggi tersebut, dan jurusan-jurusan yang ada di perguruan tinggi tersebut. Carilah informasi-informasi mengenai perguruan tinggi tersebut sebanyak mungkin, baik itu dengan cara browsing, guru BK, senior-senior maupun acara bedah kampus dari tia-tiap perguruan tinggi.
Bagi teman-teman yang telah mengetahui minat dan bakatnya dan telah memastikan jurusan yang akan dipilih, perhatikan dulu daya tampung dan peminat dari jurusan-jurusan yang ingin kalian pilih. Ukur kemampuan untuk melihat sejauh mana peluang menempati suatu jurusan di tempat favorit. Pelajari soal-soal seleksi dan ikuti ujian try out sebagai percobaan anda dalam mengukur kemampuan yang anda miliki. Saat mengikuti try out jangan sampai kita hanya mengikuti dan menerima hasilnya, usahakanlah untuk membahas nya kembali bersama teman maupun guru. Namun jangan terlalu minder dengan hasil yang didapat. Jika pada SMBPTN ada 2 jurusan yang dapat dipilih, pilih satu jurusan & tempat yang anda cita-citakan dan satu jurusan lain atau lokasi lain yang sesuai atau sedikit di bawah kemampuan kita.
4. Masa Depan karir dan pekerjaan
Hal selanjutnya yang harus diperhatikan dalam memilih jurusan dan perguruan tinggi yaitu apakah setelah lulus nanti ada kepastian pekerjaan yang didapat. Pilihlah perguruan tinggi yang telah terbukti menghasilkan lulusan yang berkualitas bagus dan sesuai dengan tuntutan pekerjaan. Pilih juga jurusan yang lulusannya banyak di butuhkan oleh tempat-tempat kerja tertentu.
5. Plan B
Rencana cadangan. Ini sangat penting. Karena ketika ternyata kita tidak tembus di jurusan yang kita incar untuk proioritas pertama, kita sudah mempunyai ancang-ancang dan gambaran yang jelas mengenai apa yang harus anda pilih untuk pilihan kedua jika rencana awal anda gagal total. Gagal di jurusan A masih punya cadangan jurusan B.
 
Jika timbul masalah seperti perbedaan pendapat antara pilihan kita dan pilihan orang tua, tentu bagi kita mengikuti kata hati adalah pilihan yang paling baik. Tapi kalau saran saya, lebih baik membicarakannya dari hati ke hati bersama orang tua, bicarakan apa untung ruginya kalau kita memilih jurusan yang di inginkan oleh orang tua dan kita juga harus mengemukakan untung rugi dari pilihan kita tersebut. Setelah itu orang tua akan memilih juga, nah bagi orang tua tentu akan memilihkan yang terbaik untuk anaknya. Saya pun dulu penah berselisih paham dengan orang tua dalam memilih jurusan. Tapi akhirnya setelah saya memaksakan kehendak di tes-tes perguruan tinggi saya tidak beruntung, akhirnya saat tes terakhir saya memasukkan pilihan orang tua ke pilihan terakhir. Dan sekarang Alhamdulillah saya tengah menjalani jurusan yang dipilihkan orang tua.
 
Sekian saran-saran dari saya..
Good luck y n slamat berjuang..🙂
 
 
Referensi :
http://www.maujadiapa.com/tips-and-trick/47-tips-memilih-tempat-kuliah-dan-jurusan-yang-tepat.htmlhttp://forum.kompas.com/sekolah-pendidikan/109529-cara-memilih-jurusan-di-perguruan-tinggi-yang-baik.htmlhttp://situsaja.blogspot.com/2012/10/cara-memilih-jurusan-kuliah.html

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s